What’s The Real Meaning of Love

Apa itu cinta? Satu kata yang paling sering kita dengar sebagai seorang manusia. Kata yang begitu mudah diucapkan, namun memiliki sejuta rintangan untuk dijalani maupun diresapi dengan benar. Arti cinta itu sendiri sangatlah universal, entah itu dalam sudut pandang keluarga, sahabat maupun perasaan kepada lawan jenis. Apapun itu, tanpa cinta hidup kita tidak lebih dari handphone yang tidak mempunyai jaringan. Iya hanya bisa buat main-main saja.

Kahlil Gibran

Cinta adalah,
Ketika kamu masih menitikkan airmata dan masih peduli terhadapnya
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia
Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata “Aku turut berbahagia untukmu”

Bagi sebagian orang mungkin puisi Kahlil Gibran ini dianggap sebagai bulshit, namun Kahlil Gibran membuktikan apa yang ditulisnya dalam tindakannya. Ya, ia mencintai, mengagumi tapi tidak pernah memiliki. Ia tetap kesepian dan sendirian hingga ajal menjemputnya.

Snap 2014-12-20 at 14.21.53

Pablo Neruda

Aku mencintaimu tanpa tahu bagaimana, atau kapan, atau dari mana
Aku mencintaimu dengan lugas, tanpa banyak soal atau rasa bangga
Begitulah aku mencintaimu sebab aku tak tahu jalan lain

Nah, Pablo Neruda ngga bisa mengungkapkan seberapa besar cintanya, dia juga ngga punya alasan kenapa harus jatuh cinta dengan perempuan yang ini dan bukan yang itu. Mungkin cintanya yang terlalu besar ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata dan hanya dia sendirilah yang bisa memahaminya.

Snap 2014-12-20 at 14.24.17

Nikki Geovani

inta adalah,
Sebagian orang lupa bahwa cinta adalah, memagut kau dalam dan mencium kau selamat malam
Tak peduli semuda atau setua apapun kau
Sebagian orang lupa bahwa cinta adalah mendengarkan dan tertawa serta bertanya persoalan-persoalan
Tak peduli berapa pun umurmu
Sedikit sekali yang mengenali bahwa cinta adalah komitmen, tanggung jawab
Memang, sama sekali tak menyenangkan
Kecuali cinta adalah kau dan aku

Yah, sebagian besar orang memang hanya menginginkan kesenangan saja dalam cinta, tanpa memikirkan resiko dan segunung tanggung jawab yang juga harus dilunasinya.

Snap 2014-12-20 at 14.26.15

Sapardi Djoko Damono

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikannya abu
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Nah, sesederhana itulah cinta menurut penulis Sapardi Djoko Damono. Ya, sangat sederhana bukan dalam kata-kata? Namun begitu dalam dan rumit.

Snap 2014-12-20 at 14.29.18

Aleksander Pushkin

Aku mencintaimu, dan aku mungkin masih mencintaimu
Dan perasaan di dalam jiwaku takkan pernah padam
Tetapi biarkanlah dia lebih banyak tidak mengusikmu
Aku tidak ingin menjadi penyebab rasa sakitmu
Aku mencintaimu diam-diam, tanpa mengharapkan apa-apa
Terkadang aku takut, terkadang aku tersiksa karena cemburu, meskipun semua itu hanya sia-sia
Aku mencintaimu dengan begitu tulus, begitu penuh kasih sayang
Seperti cinta Tuhan yang diberikan kepadamu dan yang lainnya

Gimana? Menyentuh banget kan? Jadi puisi Aleksander Pushkin ini menceritakan tentang ketulusan cinta dari seorang pemuja rahasia yang hanya bisa mencintai dengan diam-diam dan dibait terakhir dia menjelaskan bahwa besarnya cintanya dapat diumpamakan seperti besarnya cinta Tuhan kepada makhluknya yang tak pernah putus dan selalu tercurah tanpa henti. Meskipun ia tidak memiliki orang yang dicintainya.

Snap 2014-12-20 at 15.10.47

Jalaludin Rumi

inta adalah rahasia yang tak terungkapkan
Mereka yang berjiwa cerah tak akan melihat perbedaan antara aku dan dia
atau
Tempatku tidak bertempat
Jejakku tidak berjejak
Baik raga maupun jiwaku, semuanya adalah kehidupan kekasihku

Snap 2014-12-20 at 15.21.32

One thought on “What’s The Real Meaning of Love

Leave a comment